Ali Juga Punya *Bintang*

two-handsSuatu hari … saya melihat Ali, siswa saya di kelas 3 Zubair bin Awwam .

Suatu hari, saya minta Ali untuk menjumlahkan. Nyatanya? Ia bisa!

Suatu hari, saya minta Ali untuk mengurangi. Nyatanya? Ia bisa!

Suatu hari, saya minta Ali untuk membaca nyaring. Nyatanya? Ia bisa!

Suatu hari, saya minta Ali untuk menulis. Nyatanya? He can do it, even I know that there’s one or two letters are missing.

Last, once upon a time, we are dancing Si Patokaan, Ali berekspresi begitu lepas. Bahkan ia bergaya dengan membuat gaya yang cukup ‘boyz’ banget!

Apa artinya ini? Saya menerima kabar saat seminggu aktif bahwa siswa spesial saya yang satu ini tidak naik kelas empat. Saya langsung mencari cara apa yang bisa saya bantu untuk Ali.

Singkatnya, Ali mengalami sedikit trauma secara psikologis dengan kondisi sekolahnya (yang ia terima) dahulu. Saya tidak perlu menuliskannya di sini. Yang jelas, Ali selalu menangis saat ditanya bundanya, belajar apa hari ini di sekolah. Ketika saya bertanya hasil tulisannya? Bundanya bertutur ringan, Ali hanya membuat garis-garis lurus tebal, barangkali itu ukiran kekesalan hatinya yang tak kunjung reda. Ali tidak pernah mau menunjukkan buku tulisnya. Karena ia tahu tak ada yang membuat bangga orang-orang di sekitarnya. Poor Ali…

Ali, satu dari sekian anak yang lebih membutuhkan uluran tangan daripada sekedar kata-kata. Bagaimanapun seorang anak memiliki harga diri seperti kita, yang lebih dulu lahir. Saya tidak melihat Ali sebagaimana riwayatnya yang kelabu. Saya tidak ingin menambah luka hatinya. Saya hanya ingin membuat dirinya bangga. Bahwa ia sama berharganya dengan teman lainnya. Bahkan jauh lebih berharga. Ia harus merasakan fun! Bukan sekedar aktif!

Ali, Ibu Guru yakin kamu akan berhasil. Ayo kita usaha dan doa bersama. Kamu pasti bisa!!

thia utami//zubairteacher.2009-2010.sditalmuhajirin

thiashafa@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

